Sep 22 2012

Tips Mengelola Keuangan

Published by at 23:35 under Artikel Umum

Dear  sobat Wisnu

Tulisan ini kutulis sebatas agar bisa menjadi motivasi buatku maupun semua. Tulisan inipun juga berasal dari pikiranku sendiri berdasar pengalamanku. Maklum aku kadang masih belum bisa menerapkannya (masih tergoda godaan memenuhi keinginan ^^)

Langsung saja yach

Uang memang bukan segalanya, tapi dengan uang kita bisa memenuhi apapun keinginan kita. Apalagi jika seseorang itu kaya raya, hmmm sungguh menyenangkan. Saya pun juga senang dengan prinsip pas pasan. Pas butuh ini pas ada uang, pas butuh itu pas ada uang  hehehe^^

Bagi Anda yang merasa bukan orang kaya ( definisi kaya itu relatif soalnya), berikut saya berikan tips agar bijak dalam mengelola keuangan

1. Tentukan/tuliskan pos pos alokasi uang ketika menerima gaji bulanan ataupun pendapatan mendadak. Misalkan pos tabungan, pos kebutuhan sehari hari, posrefreshing, pos kebutuhan darurat dan sebagainya.

Prioritaskan pos pos yang memang penting dan harus ada serta tidak boleh ditunda misal saja biaya semester ataupun kredit dan sebagainya. Sebagai pengalaman, saya harus menyiapkan uang buat bayar semester adik saya yang selalu setiap bulan Januari dan Juni, maka mau tidak mau dalam bulan itu harus terkumpul. Sehingga tiap bulannya dapat disisihkan anggarannya.

Jika ada pendapatan mendadak misal dapat bonus atau pendapatan di luar gaji pokok, maka sebaiknya ditabung di tabungan yang tidak boleh diutak atik. Anggap ini adalah uang yang tidak boleh Anda gunakan sama sekali. Anggap saja uang titipan. Yakinlah bahwa hal ini akan sangat membantu Anda kelak. Misalkan untuk naik haji, atau biaya studi lanjut, ataupun beli rumah dan sebagainya.

Alangkah baiknya jika sebagian uang itu, kita gunakan sebagai aset. Misalkan jika ada niat membuka usaha, maka uang bisa dianggarkan untuk mulai membeli peralatan usaha. Atau jika bingung, uang bisa ditanamkan sebagai saham ketika ada orang lain yang ingin sekali membuka usaha tetapi keterbatasan modal. Dengan kata lain, jadikan sebagian uang anda ‘bekerja’ buat Anda.

Untuk tabungan tidak perlu terlalu banyak, asalkan rutin setiap bulan. Alangkah baiknya tabungan bisa dibuat 2 macam ( tabungan yang tidak boleh diutak atik sama sekali walaupun kondisi darurat sekalipun serta tabungan yang bisa diutak atik jika suatu saat membutuhkan alias tabungan darurat ). Alangkah baiknya jika tabungan yang tidak bisa diutak atik itu kita buat di bank tanpa ATM, sehingga membuat Anda malas mengantri. Tentu saja butuh niat yang kuat agar tidak tergoda mengambil. ( manusia pasti melakukan apapun jika dalam kondisi kepepet ^^). Alangkah baiknya jika buku tabungan setelah menabung, bisa Anda titipkan ke keluarga yang kita percaya misal ayah/ibu/adik sehingga tanpa itu, Anda tidak bisa mengambil uang.

Anda akan lebih semangat dalam menabung jika memang punya target yang ingin dicapai/dibeli, sehingga mau tidak mau harus menyisihkan uang untuk itu.

2. Belilah sesuatu berdasarkan kebutuhan bukan keinginan

Hmmmm…. cukup sulit juga. Pas main ke mall ada yang disukai, pasti ingin beli. Mumpung ada duit. Memang hal semacam ini perlu ada yang mengingatkan ataupun memotivasi, sehingga dapat membantu dalam mengerem pengeluaran yang tidak perlu alias tidak urgent banget. Yach lebih baik kalau dolan sebaiknya ajak teman atau saudara. (Tentu saja harapannya dia bisa mengingatkan kita, tidak justru malah mengajak boros ataupun malah membuat Anda jadi bokek alias tongpes (kantong kempes).

3. The Power of Receh

Yup, jangan sepelekan uang receh. Jika ada kembalian receh, maka lebih baik dikumpulkan dalam wadah misal botol air minum ataupun yang lain. Jika wadah sudah penuh, segera ditukarkan dan simpan ke tabungan Anda. Ingat peribahasa “sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit ” . Masih tergoda mengambil????, maka cari saja celengan dari tanah liat yang lucu lucu ( hadeeeeew ^^) sehingga Anda semangat dan tidak berniat memecahkan kalau belum penuh (atau tidak usah dipecah karena imutnya/lucunya celengan tersebut ^0^V

Demikian tips singkat ini semoga bisa memotivasi baik saya maupun Anda semua. Tips gak usah banyak banyak, karena menurutku cuma ini yang penting. Asalkan ada niat dan kemauan yang kuat, pasti Anda bisa melakukannya.

Semoga berhasil………..

 

2 responses so far

2 Responses to “Tips Mengelola Keuangan”

  1. Agen Bolaon 03 Apr 2015 at 20:56

    nice information sir… thanks for sharing

  2. wiznuon 09 Apr 2015 at 16:03

    makasih sudah berkunjung dan berkomentar

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply