Sep 23 2012

Tips Dalam Belajar Menghadapi Ujian

Published by at 21:42 under Artikel Umum

Dear fren

Tulisan ini sifatnya ringan saja, dan ditujukan ke semua pelajar ataupun mahasiswa.

OK, to the point saja. Namanya orang sekolah/kuliah, maka perlu diuji untuk mengetahui paham tidaknya mengenai materi yang disampaikan. Nah, setiap orang memang  berbeda beda dalam gaya belajarnya. Berikut tips tips sesuai gaya kamu ^^

1. Pastikan bahan ujian kamu memang seperti teman teman kamu alias lengkap, jangan sampai ada yang kelewatan. Gampangnya siapin amunisinya dulu sebelum bertempur.  Jika kamu termasuk tipe orang yang malas mencatat, maka serahkan ke ‘asisten pribadimu’ alias  tinggal amati saja teman kamu yang rajin mencatat. Jreng jreng…… pinjam saja catatannya dan difotokopi, yang terpenting tulisannya mudah dibaca alias tidak berupa sandi rumput ataupun stenografi ^^.

2. Pahami karakter kamu dalam belajar

Apakah kamu senang menyendiri ketika belajar?? atau  senang belajar beramai ramai, atau senang belajar dengan ditemani musik dan cemilan? atau senang dengan sistem ‘wayangan’ alias semalam suntuk belajar??

Nah, beragam gaya di atas memang unik unik.

-Jika kamu memang senang dengan belajar sendiri di ruangan yang sepi ( wah bertapa sekalian ^^), its ok.  Saat belajar di kamar, tinggal pasang kata kata ” Don’t disturb me” alias ” Awas Galak, Jangan Diganggu”  hehehe di depan pintu kamarmu . Tipe ini memang ada kelemahan yaitu karena tidak ada yang diajak share maka lama kelamaan terasa bosen dan ngantuk.

Solusinya coba sesekali refresh lah pikiranmu misal dengan melihat dedaunan, ataupun rileksasi sebentar. Jika kamu juga suka mendengarkan, maka siapkan saja perekam  saat kuliah ataupun pelajaran. Asalkan letak dudukmu di depan sendiri dan guru/dosenmu tidak keberatan. Rekaman ini bisa kamu dengarkan  sebelum tidur ,juga sekaligus membantu mengantar ke alam mimpi

-Jika kamu tipe orang yang suka belajar sistem kebut semalam alias “wayangan”, maka setelah ‘amunisimu’ lengkap,  siapin minuman stimulan misal kopi sehingga malamnya kamu siap beraksi.  Yang terpenting adalah jaga kesehatan, dan cukup istirahat. Sebaiknya kamu tidur siang jika bisa, atau tidur awal dan bangun sekitar jam 3 an pagi,. Yah lebih baiknya cuci muka dulu dan jika kamu muslim, bisa solat tahajud dulu dan niatnya agar dipermudah dalam belajar. setelah itu jangan tidur lagi. Sia sia dunk dah belajar malah gak jadi ujian hanya karena ketiduran.

- Jika kamu termasuk orang yang suka diskusi dan senang mendengarkan obrolan, maka sebaiknya kamu memilih grup teman teman yang juga sama, apalagi jika semuanya memang pintar. Dalam kegiatan ini, kalian hanya perlu saling tanya jawab saja. Pilihlah lokasi diskusi di rumah teman yang kondusif  (apalagi didukung orang tua yang pengertian sekaliiiiiiii……, memberi cemilan dan minuman segar ^^). Tetapi ingat, tujuan utamanya adalah belajar, bukan menghabiskan cemilan itu.  Jangan sampai cemilan sudah habis, diskusi ngalor ngidul ga jelas, dan akhirnya ngantuk berjamaah ^^. Lingkungan yang kurang kondusif justru malah membuat diskusi berubah topik. Tetapi faktor niat dan sikap individulah yang menentukan efektif tidaknya diskusi itu.

Sebenarnya yang terpenting adalah kita memahami materi ujian, bukan menghafalkannya. Apapun gaya belajarmu, lebih baik saat guru ataupun dosen menjelaskan, catatlah atau minimal dengarkan poin poin penting yang diulang ulang ataupun ditekankan saat pelajaran atau kuliah.

Jika ada yang kurang jelas, segera saja tanyakan ke guru/dosen. Usahakan kamu paham inti materi yang disampaikan. Jangan sampai masih ngeblank alias mbingungi dhewe. Ingat sekarang pun jamannya internet. Kamu bisa saja mengakses berbagai informasi terkait mata kuliah tersebut sebagai bahan referensi tambahan.

Bagi kamu mahasiswa baru UNS, coba pahami kontrak perkuliahan yang disampaikan di awal kuliah. Cermati tentang bagian penilaian dan hal terkait ujian. Pahami karakter dosen kamu. Kamu bisa tanya ke kakak kelas mengenai karakter dan tipe soal beliau. Jangan menyepelekan mata kuliah berapapun jumlah SKS nya mengingat nilai D ataupun E akan menghambat kelulusanmu.

Jika kamu suka menggambar, gambar saja mindmap alias peta konsep dari penjelasan tersebut. Yang penting jangan menyalahgunakan berbagai hobi yang sebenarnya baik. Misalnya hobi origami tetapi yang dilipat adalah fotokopi slide bahan kuliah ataupun pelajaran yang telah difotokopi diperkecil ^^ ( Hayoooo sapa yach……). Atau hobi kaligrafi, tetapi yang ditulis adalah contekan dan menulisnya pun di tembok ataupun meja atau kursi kuliah, atau malah di bagian tubuh  (oh No….., kok bisa tau sich pak??).

 

 

 

 

 

 

 

Hmm…. posisi menentukan prestasi jangan dipercaya. Semua posisi sama saja, justru posisi yang rawan diamati adalah yang duduk pojok ataupun dekat tembok. Ingatlah kamu punya kemampuan, so pede aja lageee)

Yakinlah pada kemampuan dirimu, orang lain bisa mengapa kamu tidak. Sama sama makan nasi, yang membedakan hanyalah niat saja.  Bekerjasamalah dalam hal yang positif,  dan jangan bekerjasama dalam hal yang negatif misal saja ketika ujian.

Walaupun Bapak Ibu guru/dosen tidak melihat tapi ada yang Maha Melihat. Segala sesuatu yang tidak jujur, akan menimbulkan suatu ketidakbarokahan di kemudian hari.

Ujian yang sebenarnya adalah ujian hidup ini, selama  bisa menghadapinya pasti  kualitas hidup juga akan meningkat

Sukses  buat kamu semua

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply