Nov 22 2012

Mengenal Huruf Jepang : Hiragana

Published by at 18:37 under Bahasa Jepang

Dear fren

Setiap negara ataupun masyarakat tertentu kadang mempunyai aksara tersendiri yang merupakan suatu bentuk hasil budaya negara tersebut. Sebagai contoh adanya aksara Jawa yang ada di masyarakat Jawa, tulisan di negara Thailand, Korea, ataupun India, dan lain sebagainya. Nah berhubung saya suka sekali dengan budaya ataupun bahasa Jepang, penulisan ini akan mengulas mengenai aksara Jepang, sekaligus sebagai sarana belajar kembali.

Aksara Jepang ada 3 macam, yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji.  Huruf huruf di tabel hiragana dan katakana berupa vokal (kecuali huruf N) yang kesemuanya pengucapannya sama dengan pengucapan di bahasa Indonesia ( a i u e o). Kanji merupakan simbol/gambar yang melambangkan setiap kata. Adanya kanji dikarenakan ada kata kata yang pengucapannya sama, sehingga dengan adanya kanji maka akan langsung merujuk ke kata yang dimaksud. Di Jepang pun aksara kanji ada ribuan sehingga bagi wisatawan asing, kadang di atas  huruf kanji disertai dengan penulisan huruf hiragana untuk membacanya. Kanji ada 2 pengucapan ( secara kun yomi: versi Jepang  ataupun on yomi: versi Cina). Ada satu istilah yaitu Romaji, yang merupakan penerjemahan tulisan Jepang menjadi versi latin.

OK, mari kita bahas mengenai huruf Hiragana terlebih dahulu. Mengenai katakana, akan diulas di tulisan selanjutnya

Hiragana dipakai untuk menuliskan kata kata asli bahasa Jepang. Tabel hurufnya dapat dilihat pada gambar berikut:

Nah perhatikan bahwa huruf SI, TI, TU, dan HU tidak tersedia dan digantikan menjadi SHI, CHI, TSU, dan FU

Selanjutnya, beberapa huruf ada yang dimodifikasi (diberi tanda han dakuten , mirip tanda kutip) dan berubah menjadi huruf baru . Perubahan itu pada :

-huruf K menjadi G

-huruf S menjadi Z (kecuali dari SHI menjadi JI)

-huruf T menjadi D (kecuali CHI menjadi JI, dan TSU menjadi ZU)

-huruf H menjadi B

Khusus huruf H jika diberi tambahan tanda bulat ( mirip satuan derajat pada suhu), maka menjadi huruf P. Untuk lebih jelasnya silakan melihat gambar berikut

Selanjutnya, ada istilah ‘yoon’, yaitu huruf tersebut dikombinasikan dengan vokal ya, yu, dan yo sehingga menjadi huruf baru seperti terlihat pada gambar berikut:

Nah perlu diperhatikan dalam penulisan huruf tersebut, bahwa huruf ya yu dan yo yang berada di belakang itu, mempunyai ukuran lebih kecil dari huruf depannya.

Nah, bagaimana??? tambah ruwet apa mumet ^^. Ok, kita hanya cukup menghafalkan versi dasar hiragana saja seperti yang ada di tabel paling atas. Selebihnya adalah modifikasi tanda saja.

Demikian, semoga bermanfaat. Tetap pantau blog ini yaaaa, untuk mengikuti artikel tentang Katakana.  Ganbatte !!!

One response so far

One Response to “Mengenal Huruf Jepang : Hiragana”

  1. ewcons.ruon 26 May 2015 at 20:56

    ewcons.ru…

    Wisnu’s Blog » Mengenal Huruf Jepang : Hiragana…

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply